Telanjanganlah

Posted on January 6, 2015

0



Kanak-kanak (dok klosetide)

Kanak-kanak (dok klosetide)

Andai aku masih bocah

Tentu saja aku takkan takut untuk mencoba sekali lagi memanjat pohon jambu, dan jatuh

Andai aku masih bocah

Tentu saja aku takkan malu bertelanjang dan menceburkan diri ke sungai

Andai aku masih bocah

Tentu saja aku takkan ragu untuk membasahi tubuhku dengan air hujan

Andai aku masih bocah

Tentu saja aku takkan khawatir balapan sepeda dengan kawanku, terjatuh dan kalah

Andai aku masih bocah

Tentu saja aku tak harus jijik bermain lumpur yang kotor

 

“Lakukan dulu, baru bersenang-senang kemudian!”

Uh, hebatnya anak kecil yang di dalam saku celananya tak tersimpan secuilpun pesimisme

 

Kini,

Aku telah dewasa, menjadi manusia dengan sejuta tuntutan,

dan cemas

Menjalani hidup dengan ketidaksuksesan,

adalah persoalan

 

Hey, Aku

Tak ada tuntutan dan perintah untuk itu

 

Tahu kenapa masa kanak-kanak itu nampak sempurna?

Adalah ketelanjangan yang membuat segalanya terjadi secara apa adanya, mengalir saja, spontan, tanpa prediksi, tanpa peduli resiko, tanpa batasan,

juga tanpa tuntutan

Ketelanjangan yang membuat mereka menjadi hebat

Dan ketelanjangan adalah kejujuran, yang mengantarkan mereka memasuki pintu kebahagiaan

 

Maka, ingatlah akan masa kanak-kanakmu yang hebat itu

Karena hanya itu guru yang paling jujur,

yang mengajari bagaimana untuk berani

yang mengajari bagaimana caranya bahagia

 

Telanjanglah…

 

NEY

Posted in: Inspirational, Poem