[VIVA.co.id] One Stop Information

Posted on August 8, 2012

0



VIVANEWS hadir dengan wajah baru, lebih segar dan enak dilihat. Kabar berubahnya wajah salah satu portal berita terbesar di Indonesia ini tentu sudah ramai diperbincangkan. Mengusung standar jurnalisme berkualitas portal berita VIVANEWS memang lebih lugas dan pantas dibaca.

New, Fresh, and Modern

Apa yang berubah? Tentu bukan hanya soal tampilan (cover), melainkan juga soal konten. Soal tampilan misalnya, jika dulu dominan warna merah, kini putih menjadi wajahnya. Kemudian soal konten. Portal yang satu ini juga menyajikan konten-konten yang menyangkut human interest, seperti politik, sosial, budaya, olah raga, ekonomi, nasional, dan dunia. Selain itu, portal-portal yang elegan dan variatif juga disajikan dalam upayanya mencerdaskan bangsa melalui jurnalisme cerdas, tajam, berimbang dan menghibur, seperti gaya hidup (VivaLife), olah raga (VivaBola), blog (VivaLog), forum (VivaForum), dan sosial (VivaSocio).

VIVANEWS, melalui portal beritanya, berhasil menyajikan laporan tercepat mengenai fakta, informasi, dan berita terbaru (up to date) secara online. Kecepatan penyajian tersebut yang kemudian membantu masyarakat dalam memperoleh informasi berita yang menarik dan tentunya berimbang. Rasa haus khalayak akan berita yang segar dan cepat saji mampu dihadirkan oleh portal berita ini.

Sesuai namanya, VIVANEWS, mengedukasi masyarakat melalui berita-berita ‘New’ (baru) setiap harinya. Tidak ada lagi kesan ‘berita basi’ karena berita terkini menjadi prioritasnya. Hal ini sesuai dengan penuturan Eric C. Hepwood, seorang pakar jurnalistik Barat, yang mengemukakan : “Berita adalah laporan pertama dari kejadian yang penting yang dapat menarik perhatian umum” (Hepwood, 1996). Poinnya adalah pertama dan penting, tentu tanpa mengacuhkan unsur-unsur berita 5 W 1 H.

Aspek kelengkapan berita yang mencakup segi-segi ketertarikan khalayak (human interest) dalam dunia jurnalistik profesional disajikan melalui konten yang termaktub dalam VIVANEWS. Standar profesionalitas tersebut setidaknya mencakup: rasa kepenasaranan (curiousity) serta emosi dengan bumbu ketegangan didalamnya. Aspek nilai penting dan menarik perhatian publik juga menjadi bagian dari berita yang tersaji didalamnya.

Konsep Straight News, yakni penyajian berita langsung dan apa adanya, disajikan secara lugas melalui headline portalnya. Bagian berita inilah (header) yang menjadi sisi penting yang dapat menarik ketertarikan publik untuk membaca. Semuanya tersaji lengkap, baik itu berita yang memiliki nilai lebih dari segi aktualitas (hard news) maupun hanya sekadar berita pendukung (soft news). Apalagi jika disajikan dalam format slide dengan bumbu bahasa yang menggelitik pada bagian terasnya (lead).

Tidak berhenti sampai disitu, VIVANEWS juga mengedepankan sajian berita yang mendalam (depth news). Mengupas berita secara lebih komprehensif dan holistik tidak sekadar ‘kupas kulit’. Semisal terjadi pada berita yang tengah booming belakangan ini, yakni kasus yang mendera KPK vs Polri. Beberapa tokoh yang coba dihadirkan untuk urun rembug menanggapi kasus yang terjadi menampilkan konsep opinion news. Tentu pakar yang dimintai opininya adalah mereka yang memang sudah diakui integritas dan kredibilitasnya. inilah bukti ‘kecerdasan’ portal berita ini.

Ada dua sisi yang coba dihadirkan dalam berita tersebut, yakni mendalam (depth) dan terkini (up to date). Dan, Vivanews benar-benar menghadirkannya.

Mari cerdas bersama VIVANEWS😀

Posted in: Competition