Costae

Posted on May 1, 2012

0



klosetideSesungguhnya wanita itu dicipta dari tulang rusuk. Dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atas. Jika Anda meluruskannya, sama artinya Anda memecahkannya. Jika Anda biarkan, dia akan tetap bengkok. Karena itulah, Anda harus selalu memberikan nasihat-nasihat kebaikan. (HR. Muslim)

Adalah tulang rusuk/iga. Terletak dibagian tengah tubuh. Ia melindungi bagian vital jasad manusia, yakni jantung (hati). Begitu sentral dan vital fungsinya. Wajar saja jika ia begitu istimewa. Sangkin istimewanya, sehingga Tuhan mencipta Hawa pun darinya.

Perempuan tak dicipta dari kepala pria. Tentu agar tidak melebihi dan mengungguli kodrat pria. Dia tidak pula dicipta dari kaki, agar perempuan tidak dihinakan olehnya. Pun dia tidak diciptakan dari tanah, sebab secara kodrati dia tak sama dengan pria.

Kenapa ada istilah ‘menepuk dada’ sebagai perlambang kekuatan dan keperkasaan? Karena dada adalah simbol keberanian dan keperkasaan. Dada adalah tempat bernaungnya segala rasa, asa, dan cinta. Dalam dada ada iga yang melindungi hati. Dan hati adalah pusat segala rasa.

Seorang perempuan adalah dada bagi pria. Dia adalah kebanggaan sekaligus perisai yang mampu untuk melawan badai sekencang apapun yang menerpa dada. Sudah sepatutnya jika perempuan menjadi seperti itu.

Kehidupan ini berpusat pada hati. Dan hati yang nantinya akan mengeluarkan intuisi. Hidup tentu butuh intuisi hati. Ia ibarat kompas yang menavigasi kehidupan. Tanpanya, manusia buta. Jika ada seorang pria yang tangguh, pasti dibelakangnya ada seorang perempuan yang kokoh pula.

Hawa telah tercipta dari tulang rusuk Adam, karena memang untuk dijadikan pasangannya, menjadi pendamping, menjadi kesenangan, memperkuat, pun menopang kaum Adam.

Jangan. Jangan sekali-kali engkau meluruskannya dengan kemarahan dan keangkuhanmu. Dia adalah tulang rusukmu, yang rapuh. Jika ingini dia, maka lembutlah kepadanya.