QUEEN [Roger Taylor]

Posted on March 27, 2012

0



“He is the 8th greatest drummer in classic rock music history,”  UK Planet Rock Radio, 2005.

Dia lah Roger Meddows Taylor. Seorang drumer Band Legendaris Queen asal negeri Ratu Elisabeth itu. Roger Taylor, kemudian lebih dikenal, lahir di King ‘s Lynn, Norfolk, Inggris, pada tanggal 26 Juli 1949. Ketertarikannya dalam dunia musik sudah muncul semenjak tahun 1950-an ketika keluarganya berpindah ke Cornwall.

Multi-instrumentalis

Tak ada yang menyangka jika pada awalnya alat musik yang dipelarinya adalah ukulele. Kemudian beralih ke gitar. Hingga pada akhirnya ketertarikannya berakhir pada drum—yang menjadi spesialisasinya dalam Queen.

Beberapa lagu hits Queen lahir dari tangan kreatifnya. Semisal lagu ‘Radio Ga Ga’ dan ‘A Kind of Magic ” turut disumbang olehnya. Tercatat, tiap album yang diluncurkan oleh Queen, paling tidak Roger menyumbang satu lagu hasil garapannya.

Roger dikenal sebagai musisi serba bisa. Sejarah mencatat bahwa, selain seorang drumer, dia juga seorang gitaris, keyboardist, dan juga vokalis. Dia adalah seorang musisi dan penulis lagu sekaligus. Seorang musikus dengan identitas yang kuat, perspektif musik yang sungguh luas, dan seorang pria tanpa rasa ironi.

Perjalanan Karier

Beberapa band seperti Smile, The Cross, Felix&Arty, dan Yoshiki pernah dibentuknya. Hingga pada tahun 1969 dia memutuskan untuk bergabung dengan Brian May dan Freddie Mercury dalam Queen. Beberapa band tersebut diatas turut mewarnai perjalanan karier bermusiknya.

“Musicals are completely foreign to me. It’s a genre I don’t particularly like.”

Begitulah tegasnya pada awal perjumpaannya dengan Queen. Dia seorang rock, dan Queen adalah band dengan aliran heavy metal saat itu. Wajar saja jika awalnya sempat tak sealiran dengan Queen. Tapi, seiring berjalannya waktu, baik dia maupun Queen sama-sama berkembang dalam berekspresi lewat genre. Progresivitas bermusik pun terjadi hingga Queen dikenal sebagai band dengan musik yang beragam dan unik.

Sepeninggal Freddie Mercury, Roger kembali ke karir solonya. Sederet nama tenar dalam dunia permusikan dunia tercatat pernah bekerjasama dengannya, seperti, Eric Clapton, Robert Plant, Phil Collins, Genesis, Elton John, Gary Numan, Foo Fighters, Steve Vai, Yoshiki Hayashi, dan Bon Jovi. Mengeluarkan beberapa album solo dan membentuk Queen+Paul Rogers bersama Brian May dan Paul Rogers. Beberapa konser amal seperti penggalangan dana bagi penderita AIDS digagasnya bersama May.

Itulah ‘kesibukan’ drumer rock paling berpengaruh pada era 70-an dan 80-an hingga.

Posted in: Biography