De Nekat Creativepreneur [Part. 3]

Posted on February 12, 2012

2



Creativepreneur: Solusi masa depan ekonomi indonesia, “M. Arief Budiman, S.Sn.-Director PT Petakumpet Creative Network”

Creativepreneur berasal dari dua kata, yakni ‘creative’ dan ‘entrepreneur’ yang artinya pelaku usaha kreatif. Seorang yang menggeluti dunia ini dituntut untuk kreatif dengan terus melakukan inovasi. Inilah bisnis ide, jualannya tidak nyata tapi hasilnya nyata.

The world is flat. Begitulah gambaran Thomas Friedman akan abad 21 yang tengah kita jalani. Dunia kian canggih dan serba bisa. Persaingan hidup dalam semesta yang ekspansional ini juga makin sengit. Ada dua pilihan, tetap kreatif untuk survive, atau mati tak berkreasi. Inilah era ide dan inovasi. Era kompetisi dimana kreativitas menjadi mutlak dalam membangun jaringan bisnis.

Be Creative, Don’t Be Stupid!

Perubahan paradigma dan cara pandang kita akan hidup wajib dirubah. Mindset kebanyakan orang bahwa menjadi pegawai atau karyawan adalah satu pencapaian yang luar biasa perlu dicermati ulang. Mental entrepreneur tidak bilang seperti itu. Seorang entrepreneur punya mindset akan kesuksesan sendiri. Menjadi entrepreneur berarti menjadikan yang tidak mungkin menjadi mungkin. Change impossible to be doable.

Logika seorang entrepreneur adalah logika langit bukan logika bumi kebanyakan orang. Impossible is nothing. Bahwa segala yang tidak mungkin itu tidak ada. Semua mimpi adalah mungkin dengan usaha, doa, dan ide. Inilah kesuksesan seorang entrepreneur, menjadikan yang biasa menjadi luar biasa. Shift your paradigm now!

Live With 3 I’s; Idea, Inovation, Ikhlas

Incredible things come to those who are great. Hal-hal luar biasa datang kepada orang besar. Siapa mereka yang besar? Ia lah orang-orang yang mau beride, berinovasi, dan ikhlas. Ide tak akan mampu berbicara banyak tanpa adanya inovasi. Dan, inovasi juga tak akan bertengger di kepala kita tanpa adanya keikhlasan sanubari. Menikmati hidup yang luar biasa adalah hidup dengan “3 i”, ide, inovasi, ikhlas.