Bandung Laboratorium Inspirasi

Posted on January 2, 2012

0



Bandung adalah kota dengan segudang inspirasi. Kota ini bukan hanya terkenal seantero negeri, tapi juga telah mendunia. Jika kita browsing di internet untuk mencari tempat terbaik untuk berwisata Kota Bandung pasti masuk di deretan paling awal dalam search engine. Makanya tak usah heran jika setiap tahunnya kota ini mampu menyedot ribuan orang, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk berwisata. Sederet sebutan untuk Kota Bandungpun muncul mulai dari Parijs van Java, Kota Kembang, Kota Sejarah, Kota Wisata, dan Kota Kreatif pun melekat erat dengan Bandung. Jadi, wajar saja jika Kota Bandung dibilang sebagai kota multiidentitas.

Kota Kreatif

Presiden SBY telah mencanangkan tahun 2009 sebagai Tahun Indonesia Kreatif (TIK) dengan Bandung sebagai pilot project-nya. Ide dasar ini menjadi cikal bakal tumbuhnya kembali industri kreativitas di era ekonomi baru berbasis pengetahuan (new knowledge economy era). Untuk dapat menyandang predikat sebagai kota kreatif setidaknya ada 14 blue print yang harus dikembangkan, antara lain; Periklanan, Arsitektur, Pasar seni&barang antik, Kerajinan, Desain, Fashion, Film&fotografi, Permainan kreatif, Musik, Seni pertunjukan, Penerbitan, Layanan komputer, Televisi&radio, Riset&pengembangan (Depdag RI, 2009).

Industri kreatif adalah industri yang bertumpu pada karya, bukan modal dan tenaga kerja. Hal ini sesuai dengan karakter industri kreatif yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan kerja dengan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut (Creatives Industries as those industries which have their origin in individual creativity, skill&talent, and which have a potential for wealth and job creation through the generation and exploitation of intellectual property and content) (UK Task Force, 1998). Definisi tersebut mengisyaratkan bahwa modal utama industri kreatif adalah SDM, ide, kreativitas, dan inovasi.

Berdasarkan hal tersebut, Kota Bandung jelas memiliki kesemuanya itu. Jadi sangat wajar dan tak dapat dipungkiri lagi jika sebutan Bandung sebagai Kota Kreatif lebih melekat dibandingkan dengan sebutan lainnya. Berbicara Bandung berarti bicara soal kreativitas. Itulah Bandung. Keindahan Bandung nampaknya termanifestasi lewat kreasi muda-mudi kota kembang ini. Kita akan bahas satu persatu sisi kreativitas Bandung, dan kenapa kota ini layak menyandang predikat sebagai kota kreatif, sebagai berikut :

1.    Seni Arsitektur

Bandung nampaknya tidak akan kehabisan stok dalam berkreasi soal seni arsitekturnya. Tengok saja Gedung Merdeka, Jembatan Pasupati, dan Gedung Sate, yang tak lekang oleh jaman. Bangunan-bangunan tersebut menjadikan Bandung sebagai kota pariwisata, terutama wisata sejarah.





2.    Fashion

Bicara soal fashion di Bandung tentunya tak bisa lepas dari distro (distribution outlet) dan FO (factory outlet). Keduanya boleh dibilang jadi rujukan orang seantero negeri dalam berbelanja pakaian. Distro atau FO sudah menjadi lifestyle orang Bandung. Gak gaul kalo belum ke distro. Begitulah kata remaja masa kini. Beberapa merek dagang (brand), seperti Ouval Research dan Eat 347 bahkan telah merajai pasar pakaian di Indonesia. Dari sinilah brand Bandung sebagai Parijs Van Java alias kawasan wisata belanja muncul.

 

 

 

 

 

 

3.    Musik

Bandung terkenal sebagai kota penghasil grup band besar negeri. Sederet nama band besar seperti Rif/, Gigi, Pas Band, adalah buktinya. Tak hanya itu, Bandung juga tersohor sebagai kota yang sering menelurkan band-band indie (indie music), antara lain; Mocca, RocketRockers, Closehead, Rosemary, dan lain sebagainya. Kemunculan band-band tersebut makin mengokohkan Bandung sebagai kota musik dan produsen grup musik handal Indonesia.

 

 

 

 

4.    Wisata

Ketika ditanya kota manakah yang paling nyaman untuk liburan jawabannya tentu adalah Bandung. Ya, kota dengan udara dan hawanya yang sejuk ini tentu menjadi alternatif utama untuk katarsis. Nama-nama tempat wisata seperti Lembang, Ciwidey, Tangkuban Perahu, telah menjadi serbuan utama para pelancong, baik dalam maupun luar negeri. Ikon Bandung sebagai kota wisata didukung oleh keasrian dan kealamian wilayahnya.

 

 

 

 

 

5.    Ikon Kota Kembang

Satu lagi yang tak kalah menariknya soal Bandung, yakni soal kembang Kota Bandung yang biasa dikenal dengan sebutan Mojang Bandung. Barangkali selain hawanya yang asri, sebutan sebagai Kota Kembang juga muncul karena perempuan-perempuan Bandung yang berparas menawan alias geulis. Inilah salah satu magnet yang membuat Bandung juga dikenal sebagai produsen bintang-bintang film dan musik nasional kenamaan, seperti Nuri Maulida, Nike Ardila, Nicky Astria, Uli Auliani dan sederet nama lainnya.

 

 

 

 

 

 

Itulah sederet sebutan dan indahnya Kota Bandung yang akhirnya kian mengukuhkan brand image kota ini sebagai Kota Kreatif. So, let’s visit Bandung. 😀

.