Pendakian Gn. Semeru (Hari Ke-1)

Posted on October 11, 2011

0



Prolog

Pagi pukul 08.00 WIB kita berangkat dari Jatinangor menuju Jakarta, tepatnya Stasiun Jatinegara. Kita hanya berdua dari Jatinangor. Aku dan Farhan, saudaraku di PANTERA (Pioneer of Adventure and Rescue Assosiation). Kita akan menemui Khemal, yang kebetulan kakak dari Farhan, untuk bareng mendaki.

Kita sampai di Jakarta sekira pukul 11.00 WIB siang. Panas, itulah kata pertama yang terlontar dari mulutku sesaat setelah laju kendaraan memasuki kota Jakarta. Teriknya matahari yang bercampur dengan asap kendaraan menjadi begitu membakar kulit. Tentu aku tidak begitu nyaman dengan kondisi seperti itu. Jakarta yang bagi kebanyakan orang menjadi tempat idaman yang menjanjikan sejuta impian ternyata tidak bagiku. Jakarta tetap saja menjadi kota sumpek yang untuk bernapas pun kita susah.

Sesampainya di Stasiun Jatinegara kita sejenak menunggu kedatangan satu lagi anggota ekspedisi kali ini. Beberapa menit kemudian, Khemal sampai dan kami langsung bersiap-bersiap untuk berangkat. Aku dan Farhan memanfaatkan waktu sebelum berangkat untuk makan dan sholat. Dan untuk selanjutnya, Jakarta benar-benar membuatku semakin malas setelah kita harus membayar mahal makanan yang dibeli dari warung makan dekat stasiun. Kita harus merogoh kocek dalam-dalam untuk sepiring makanan yang aku yakin tidak semahal itu di tempat lain. “Ya itulah Jakarta…” celetuk Farhan mencoba menjelaskan.

Kereta meluncur tepat Pukul 15.00 WIB dari Stasiun Jatinegara menuju Malang. Suasana di dalam kereta ekonomi Matarmaja jurusan Jakarta-Malang begitusesak penuh dengan penumpang. Suasana yang aku sendiri sudah tidak heran dan asing melihatnya. Itu mungkin karena seringnya aku naik kereta ekonomi dalam setiap ekspedisiku. Sepanjang perjalanan aku disuguhi dengan pemandangan di jalur Pantura. Sesaat kemudian, rasa kantuk menyergapku, dan aku pun tidak berdaya menahannya.

 

bersambung…

 

Posted in: Expedition