Menuju Masyarakat Cerdas (Part. 3)

Posted on August 7, 2011

0



Menyoal Minat Baca Kita

Kegiatan membaca memiliki dua bagian, yakni proses dan produk. Membaca merupakan proses yang melibatkan sejumlah kegiatan fisik atas aspek sensori, perceptual, psikologis, dan aspek perkembangan. Proses membaca dimulai dengan sensori visual yang diperoleh melalui pengungkapan simbol-simbol grafis melalui indera penglihatan. Anak-anak belajar membedakan secara visual di antara simbol-simbol grafis (huruf atau kata) yang digunakan untuk mempresentasikan bahasa lisan.

Perseptual merupakan aktivitas mengenal, mengingat suatu kata sampai pada menafsirkan atau mempersepsi suatu makna berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya. Kegiatan persepsi melibatkan kesan hasil sensori yang masuk ke dalam otak. Ketika seseorang melakukan aktivitas membaca, maka otak menerima gambaran dari kata-kata yang disensor, kemudian mengungkapkannya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pembaca sebelumnya terhadap objek yang dibaca. Pembaca mengenali rangkaian simbol-simbol tertulis, baik yang berupa kata, frasa, kausa, maupun kalimat. Kemudian, pembaca memaknai dan menginterpretasikan makna-makna dari teks yang dibacanya tersebut.

Pengalaman merupakan aspek penting dalam proses membaca. Seseorang yang banyak memiliki pengalaman akan memiliki kemampuan yang lebih mendalam. Peningkatan kemampuan berpikir melalui membaca sebaiknya dimulai sejak dini. Bukan hanya orang tua dan guru, pustakawan juga dapat membimbing para pembaca dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memungkinkan mereka dapat meningkatkan kemampuan berpikirnya.

Produk membaca merupakan bentuk komunikasi, dan pemikiran antara penulis dan pembaca. Komunikasi ini dapat terbentuk melalui integrasi pengetahuan yang telah dimiliki dalam teks. Komunikasi dalam membaca bergantung pada pemahaman yang dipengaruhi oleh seluruh aspek proses membaca. Inilah sekelumit pengetahuan soal membaca, sekarang marilah membaca sebab membaca adalah jalan buat kita memahami dunia dan arti kehidupan ini.