Pemerintah dan Pengusaha, Sinergi Dua Amunisi dalam Upaya Penyelenggaraan Kesejahteraan Rakyat (Part. 3)

Posted on June 26, 2011

0



Public Sector Vs Private Sector

Birokrat dan pengusaha merupakan dua kubu yang boleh dikatakan sebagai pemegang kendali kehidupan sosial kemasyarakatan. Keduanya memegang barang-barang (goods) yang nantinya dikonsumsi oleh rakyat. Sinergi antara keduanya adalah agar Birokrasi Pemerintah bertindak sebagai fasilitator, motivator, dan dinamisator dalam upaya pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Dalam pembangunan negara aparat birokrasi tidak akan mampu menjangkau seluruh kebutuhan pembangunan khususnya dibidang sosial ekonomi tanpa melakukan pola kemitraan dengan pihak lain termasuk dengan pihak swasta (Resi; 2003).

Beberapa perbedaan akan nampak pada tabel di bawah ini:

Tabel perbedaan sector publik dan sector swasta

No

Public Sector

Private Sector

1

Bagian dari sistem politik Bagian dari sistem bisnis

2

Monopoli Pasar kompetitif

3

Penyediaan atau pemberian pelayanan oleh pemerintah Penyediaan atau pelayanan oleh operator bisnis

4

Orientasi pada pelayanan atau benefit (benefit oriented) Orientasi pada keuntungan (profit oriented)

5

Pendekatan legal (legal approach) Pendekatan entrepreneur (entrepeneur approach)

6

Skala besar Skala kecil

Jika melihat pada tabel di atas maka sejatinya pemerintah memiliki peran yang strategis dalam pengelolaan ekonomi negara. Namun, bukan berarti peran swasta kecil dalam perekonomian. Peran pengusaha swasta juga patut diperhitungkan karena ia juga memiliki posisi-posisi yang dapat mengisisi kekosongan pemerintah. Sinergi antara keduanya sangat diharapkan dalam upaya menigkatkan kesejahteraan rakyat.

Penguasaan aset-aset negara oleh pemerintah bukan dijadikan alasan bahwa peran swasta tersingkir dan terabaikan. Kita mungkin bisa melihat dan sedikit belajar ketika beberapa waktu lalu salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang komunikasi yaitu Indosat, sebagian sahamnya dijual kepada pihak asing yaitu Singapura. Nampaknya kejadian tersebut tidak akan terjadi manakala ada sinergi antara pemerintah dan pengusaha. Namun, tidak menutup kemungkinan jika keduanya bersinergi dalam menjalankan roda organisasi. Toh masih ada kepemilikan kita—aset walaupun sedikit dan pemerintah masih memiliki andil di balik itu.

Posted in: Article, Bureaucrazy