Pemerintah dan Pengusaha, Sinergi Dua Amunisi dalam Upaya Penyelenggaraan Kesejahteraan Rakyat

Posted on June 19, 2011

0



Prolog

Indonesia merupakan negeri dengan sejuta pulau dan dikelilingi lautan yang mahaluas. Bukan lautan tapi kolam susu. Begitulah Koes Plus dalam menggambarkan keelokan Indonesia. Keindahan dan pesonanya yang menawan mengundang decak kagum orang-orang dari belahan dunia manapun. Setiap sisi dari negeri ini menyajikan keindahan dan keeksotisan tersendiri. Keanekaragaman flora, fauna, juga budaya ikut memberi warna negeri ini. Belum lagi dengan kekayaan alam yang begitu melimpah menjadi nilai tambah bagi Indonesia.

Kemenawanan Indonesia tersebut menunjukkan eksistensi bangsa di mata dunia. Namun, nampaknya hal tersebut akan timpang jika disandingkan dengan keadaan masyarakatnya. Kesan timpang tersebut muncul sebagai akibat dari adanya kesenjangan antara keadaan alam Indonesia yang begitu menawan dengan keadaan masyarakat yang terpuruk dan terperosok ke dalam jurang kemiskinan. Krisis multidimensi yang melanda Indonesia menyebabkan rakyat semakin menderita. Kemiskinan pun telah menjadi sesuatu hal yang tidak asing lagi di telinga kita.

Warna-warni Indonesia berubah menjadi satu warna. Indonesia tidak lagi seperti dulu yang kaya warna. Indonesia menjadi kelam dan buram. Wajah eloknya berubah menjadi muram karena kemiskinan yang malanda. Kemiskinan menjadi makanan sehari-hari bangsa dan virus ini hampir menjangkiti seluruh masyarakat di pelosok negeri. Bukan hanya di desa, di kota pun kemiskinan menjadi warna yang ikut menghiasi kelap-kelip lampu perkotaan. Sebuah bencana besar telah melanda dan menghiasi negeri ini. Kemiskinan ikut meramaikan negeri dan menjadi sebuah fenomena yang aneh dan ironis bagi bangsa Indonesia mengingat negeri ini kaya akan sumber daya alam.

Fakta empiris menunjukkan bahwa bermunculannya permasalahan baru seiring dengan kedatangan kemiskinan terus meningkat. Aspek sosial menjadi salah satu hal yang dibawa dan nampaknya menjadi sasaran utama kemiskinan. Kesejahteraan rakyat menjadi sesuatu hal yang langka karena terabaikan. Di tengah permasalahan tersebut, pastinya masyarakat mendambakan adanya penanganan yang serius mengenai hal ini sehingga kesejahteraan sosial masyarakat bisa terjamin. Semua pihak ikut merasakan pedihnya permasalahan ini. Pemerintah dan swasta sangat diharapkan kontribusinya dalam penyikapan masalah kesejahteraan rakyat ini. Sinergi keduanya bisa menjadi senjata yang ampuh dalam memerangi keterpurukan negeri, sehingga kesejahteraan bukan lagi menjadi utopia rakyat semata.